Fajar Nugroho, S.Kom, Kamis, 31 Desember 2015 08:13 | Ristek_DIKTI Hits 781

survey.jpg

Kepada Yth.

Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri,

Di 

 Tempat

Pembelajaran merupakan aktivitas inti dan utama dalam penyelenggaraan program pendidikan tinggi. Berhasil tidaknya perguruan tinggi dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas akan sangat ditentukan dari kinerja dan efektivitas pembelajaran.

Penilaian kualitas dan efektivitas pembelajaran perlu dilakukan dengan cermat dan seksama menggunakan instrumen yang sahih dan dapat dipercaya. Sejauh ini, penilaian pembelajaran di perguruan tinggi seringkali tidak dilakukan karena kerumitan pengukuran, spesifikasi yang multifaktor serta jumlah data yang besar. Kegiatan Survey Pembelajaran di Perguruan Tinggi Negeri merupakan upaya untuk memetakan pembelajaran di PTN dengan menggunakan instrumen survei yang khusus dirancang untuk mengukur proses pembelajaran, dan dikombinasikan dengan data perguruan tinggi yang tersedia di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Kemristekdikti.

Kegiatan Survey Pembelajaran melibatkan partisipasi seluruh PTN yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk itu, kami mohon kesediaan dan bantuan Bapak/Ibu untuk:

  1. Mengisi instrument Survey Pembelajaran (terlampir) untuk institusi perguruan tinggi Bapak/Ibu masing-masing,
  2. menghimpun  minimal 20% dari jumlah mahasiswa jenjang Sarjana (untuk Universitas/Institut) atau 20% dari jumlah mahasiswa D3 (untuk Politeknik) untuk mengisi Kuesioner Mahasiswa  pada http://bit.ly/PBM-Mahasiswasesuai dengan panduan terlampir, dan
  3. menghimpun minimal 20% dari jumlah dosen dari berbagai rumpun ilmu untuk mengisi kuesioner Kuesioner Dosenhttp://bit.ly/PBM-Dosen sesuai dengan panduan terlampir.

Surat pengantar ini juga diunggah di bagian Pengumuman situs resmi Kemenristekdikti http://www.ristek.go.id/

Pengisian kuesioner oleh mahasiswa dan dosen dilaksanakan sampai dengan 31 Januari 2016, sesuai dengan panduan pengisian terlampir.

Hasil dari Survey Pembelajaran diharapkan dapat menggambarkan peta proses pembelajaran di PTN, serta aspek-aspek yang memerlukan upaya-upaya khusus untuk pengembangan dan peningkatan kualitasnya, sehingga dapat dicapai kualitas unggul pendidikan tinggi di Indonesia.

Besar harapan kami akan dukungan dan partisipasi semua Perguruan Tinggi Negeri dalam hal ini. Atas perhatian dan bantuannya, kami sampaikan terima kasih.

Sekretaris Jenderal

Ainun Na’im

 NIP. 196012041986011001

Tembusan:

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (sebagai laporan)